Friday, January 25, 2013

Keutamaan Sholat Dhuha


Keutamaan shalat dhuha bagi yang merutinkannya adalah sangat dahsyat dan luar biasa. Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa shalat dhuha sejatinya adalah shalat rezeki dan bisa juga sebagai pengganti dari amalan sedekah. Shalat dhuha yang dilakukan setelah matahari terbit kira-kira jam 07.00 s/d jam 11.00 adalah amalan yang dapat melipatgandakan rezeki kita. Jika kita memakai logika aneh memang rasanya pada waktu jam produktif kita melakukan sholat sejatinya waktu produktif kita untuk bekerja malah berkurang. Tetapi itulah rahasia Allah, seperti halnya sedekah yang tidak akan membuat harta kita berkurang, sholat dhuha justru akan melipatgandakan rezeki dan waktu produktif kita. Banyak sudah kita temui saat dimana kita sibuk dengan berbagai rutinitas, kerjaan yang menumpuk dan dikejar kejar deadline seakan akan waktu terasa sangat kurang bagi kita. lain halnya jika di tengah-tengah rutinitas yang padat dan kesibukan yang luar biasa kita sempatkan waktu sejenak untuk melaksanakan sholat dhuha, kita bermunajat pada-Nya. Maka setelah melakukan sholat dhuha tersebut fikiran kita menjadi lebih fresh dan ruhani lebih segar maka ketika kembali menghadapi kerjaan yang menumpuk seakan-akan kita diberi kemudahan dalam menyeleseikan pekerjaan-pekerjaan tersebut sehingga lebih cepat selesei tepat pada waktunya. Kemudahan tersebut adalah salah satu keutamaan shalat dhuha.

Keutamaan sholat dhuha : melancarkan urusan sampai siang hari

Selain keutamaan shalat dhuha diatas, masih banyak lagi manfaat dari amalan sholat dhuha ini.  Sholat dhuha adalah amalan yang dapat melancarkan urusan dan memberikan kemudahan bagi kita dalam menyeeseikan pekerjaan-pekerjaan kita. oleh karena itu jika sobat memiliki pekerjaan yang menumpuk dan harus segera selesei maka luangkanlah sedikit waktu untuk melaksanakan sholat dhuha minimal 2 rekaat. Insya Allah pekerjaan sobat akan selesei tepat pada watunya.

Keutamaan sholat dhuha : mengganti sedekah dengan seluruh persendian

Kemudian sholat dhuha adalah suatu amalan yang dapat menyedekahi seluruh persendian kita. Seperti bunyi hadits riwayat Muslim yang kurang lebih isinya adalah sholat dhuha 2 rekaat dapat mengganti sedekah dengan seluruh persendian yang jumlahnya 360 persendian. Subhanallah! Luar biasa memang keutamaan shalat dhuha ini.

Keutamaan sholat dhuha : mendapat pahala setara ibadah haji dan umrah

 Selain keutamaan diatas, sholat dhuha juga bisa mendatangkan pahala yang nilainya sama dengan ibadah haji dan umrah. Pahala setara dengan ibadah haji dan umrah didapat ketika sholat dhuha dikombinasikan dengan sholat subuh berjamaah. Jadi, ketika sholat subuh berjamaah selesei dikerjakan, kita tetap duduk dan berdzikir sampai matahari terbit kemudian melaksanakan sholat dhuha 2 rekaat maka pahalanya akan setara dengan pahala ibadah haji dan umrah yang sempurna.
Keutamaan sholat dhuha : dibangunkan sebuah rumah di surga
Ganjaran sebuah rumah di surga diberikan kepada yang merutinkan sholat dhuha. Seperti dijelaskan dalam shahih al-jami’:634 yang isinya adalah barangsiapa mengerjakan sholat dhuha empat rekaat dan empat rekaat sebelumnya, maka baginya sebuah rumah di surga.
Keutamaan sholat dhuha : ampunan segala dosa
Barangsiapa melakukan amalan sholat dhuha dengan langgeng, maka segala dosanya akan diampunia oleh Allah, sekalipun dosa-dosanya bagaikan buih di air laut. (HR. Tirmidzi).

Begitulah sobat berbagai keutamaan dari amaln sholat dhuha. Dahsyat dan luar biasa memang jika kita bisa merutinkannya tiap hari minimal 2 rekaat. Sukur-sukur bisa 4 rekaat atau lebih maka akan lebih banyak lagi keutamaan sholat dhuha yang bakal kita raih.





No comments:

Post a Comment