Wednesday, July 18, 2012

Jangan Takut Gagal : Berani Gagal itu Baik !!!

Tiap orang ingin sekali merasakan manisnya kesuksesan. Berbagai cara akan ditempuh demi mewujudkan keinginannya menjadi orang sukses. Memang, bahagia dan sukses adalah tujuan terbesar manusia hidup di dunia. Tetapi apakah mereka sanggup membayar mahal harga sebuah kesuksesan? Apakah mereka sudah siap menikmati setiap proses menuju kesuksesan yang penuh darah dan cucuran keringat? kebanyakan orang memilih mundur di tengah jalan dan menyerah, namun tidak sedikit yang bangkit dan terus mencoba. Dan itulah yang membedakan orang sukses dan orang gagal.

Filosofi berani gagal : mengambil pelajaran

Apabila kita perhatikan orang-orang yang sukses dan kaya raya, Nampak enak benar hidup mereka. Harta benda yang melimpah dan bisnis yang maju pesat, sungguh suatu kehidupan yang didambakan setiap orang. Namun, apakah mereka tidak melihat proses orang-orang sukses dan kaya itu dalam meraih impian mereka? Dibalik kesuksesan tersebut tentu ada jalan panjang penuh duri, ujian dan cobaan yang harus dilalui. Kegagalan demi kegagalan, kebangkrutan demi kebangkrutan dan kerugian demi kerugian pasti telah mereka alami. Akan tetapi, itu semua tidak serta membuat langkah terhenti. Usaha gagal bangkit lagi, gagal bangkit lagi dan entah sampai berapa kali mungkin mereka pun sudah lupa. Tetapi yang pasti dalam setiap kegagalan ada hikmah dan pelajaran yang bisa kita ambil. Dalam setiap cobaan dan ujian ada kesempatan buat kita naik kelas ke level berikutnya. Justru dengan setiap kegagalan yang kita alami akan membuat kita menjadi lebih kuat. Karena memang menjadi orang sukses itu butuh mental yang kuat sesuai dengan peribahasa : “ makin tinggi pohon, makin besar angin yang menerpa”. Dan kita akan menjadi orang lebih kuat dengan tempaan kegagalan yang kita alami dan berhasil mengambil pelajaran dari setiap kegagalan itu.

Kita perhatikan seorang balita yang belajar berjalan, awal mencoba berdiri ia akan sering jatuh dan menangis. Mencoba lagi, jatuh lagi dan menangis. Sampai kemudian Ia terus mencoba perlahan-lahan akhirnya ia pun berhasil berjalan. Itupun masih sering jatuh sampai akhirnya kakinya benar-benar kuat dan berhasil berjalan. Apa jadinya jika sewaktu mencoba, ia jatuh kemudian menangis dan tidak mau mencoba lagi? Tentu Ia tidak akan pernah bisa berjalan!

Berani gagal itu baik

Berani gagal itu baik bukan berarti kita harus legowo jika menghadapi kegagalan. Justru kita siapkan langkah terbaik dalam mencapai mimpi dan sukses kita. Jika usaha kita telah maksimal dan masih terjadi kegagalan. Berarti memang masih ada kesalahan yang kita lakukan. Evaluasi dan perbaiki kesalahan itu. Orang yang punya impian harus berjuang sekuat tenaga untuk mewujudkannya. Orang yang ingin sukses juga harus siap menghadapi kegagalan. Karena memang dua opsi itu pilihannya : berhasil atau gagal. Jika kita bersedia menikmati proses dari bawah perlahan-lahan, jatuh bangun, gagal bangkit lagi, maka setelah sampai di puncak akan terasa sangat manis sekali.

Berani gagal  : Hindari virus khawatir dan ragu-ragu

Jalan menuju kesuksesan memang menanjak dan berliku. Setiap kesuksesan itu selalu dimulai dari langkah pertama. Inilah yang sulit, karena memang manusia adalah mahluk penuh ragu-ragu yang selalu menghitung untung dan ruginya. Sifat ragu-ragu dan terlalu khawatir bisa jadi akan menjadi bumerang bagi kita sendiri. Hal-hal yang kita takutkan itu belum tentu terjadi, just do it! Too much thinking will kill you! Bisa jadi apa yang kita khawatirkan malah akan benar-benar terjadi. Yakin, yakin dan yakin adalah kuncinya. Mulailah langkah pertama itu. Siapkan mental jika menghadapi kegagalan. Belajarlah dari setiap kegagalan yang kita alami. Karena memang hukum tuhan : “ di setiap kesulitan disertai dengan kemudahan”. Seberapa besar kekuatan kita untuk bangkit dari kegagalan dan seberapa besar keyakinan kita maka itulah yang akan menetukan seberapa besar kesuksesan kita.



No comments:

Post a Comment