Monday, October 29, 2012

Kunci sukses : hilangkan rasa malas dan suka menunda!!!

Setiap orang pasti ingin merasakan nikmatnya meraih sukses. Sejatinya jalan yang harus ditempuh tiap orang dalam meraih sukses tidaklah selalu sama. Ada orang yang dikaruniai bakat yang luar biasa dari Tuhan sehingga hanya dengan memoles sedikit saja maka orang tersebut bisa meraih kesuksesan yang luar biasa. Pun ada orang yang dikaruniai oleh Tuhan bakat yang biasa-biasa saja sehingga Ia pun harus bekerja extra keras untuk memupuk bakatnya tersebut. Tetapi intinya tidak ada yang serba instant di dunia ini, orang yang hanya dikaruniai bakat yang biasa-biasa saja dapat saja bahkan mungkin bisa mengalahkan orang yang mempunyai bakat dan talenta tinggi asalkan Ia mau bekerja keras dan Fokus!

Ada pepatah yang mengatakan "keraslah pada dirimu maka dunia akan lemah lembut padamu dan jika engkau berlemah lembut pada dirimu maka dunia akan keras kepadamu". Keras pada diri sendiri dalam artian adalah selalu menjaga motivasi agar semangat dalam meraih impian dan cita-cita tidak kendor di tengah jalan. Banyak sekali rintangan dan halangan yang akan ditemui oleh seseorang dalam mewujudkan cita-citanya. Itu adalah seleksi alam yang akan menentukan siapa yang berhak di atas dan siapa yang gugur di tengah jalan. Jalan menuju kesuksesan selalu sedang dibangun, bahkan orang yang sudah berhasil meraih cita-citanya pun akan selalu berusaha untuk mewujudkan cita-citanya yang lebih tinggi. Jadi, jalan kesuksesan tidak akan pernah berhenti di satu titik, ia akan selalu melompat ke titik yang lebih tinggi.

Bekerja keras dan Fokus adalah kunci utama dalam meraih kesuksesan. Bahkan, Nabi Muhammad SAW mengajarkan umatnya untuk mempelajari senjata Panah, yang oleh sebagian pemikir ditafsirkan mengajarkan kita untuk fokus pada satu titik karena kekuatan fokus ini adalah luar biasa dahsyatnya. Selain fokus, hal yang lebih utama adalah bekerja keras dan kerja cerdas. Dengan kerja cerdas akan melipatgandakan hasil dan mempercepat tujuan tercapai. Jika hal tersebut dilakukan dengan konsisten maka kesuksesan pun akan semakin dekat menghampiri kita.

Selain hal-hal yang menjadi jalan dalam kita meraih kesuksesan ada juga faktor-faktor yang harus kita cermati dalam meraih kesuksesan ini. Hal ini kadang sepele namun dampaknya akan begitu besar. Faktor penghambat kesuksesan tersebut adalah :
1. Rasa Malas
Sifat Malas adalah sifat yang umum dan melekat pada semua manusia. Rasa malas memang selalu menjangkiti seseorang yang mempunyai tekad kuat dalam mewujudkan impian dan cita-cita. Segala rencana dan cita-cita sangat mungkin tertunda jika dijangkiti rasa malas ini. Contoh : hari ini anda membuat rencana untuk menyusun rencana kerja agenda rapat untuk minggu depan, tetapi karena anda hari itu sedang malas maka planning anda untuk menyusun agenda rapat menjadi tertunda akibatnya anda akan mengalami kerugian waktu. Belum tentu juga keesokan harinya anda akan mengerjakan planning anda tersebut. Malah rencana kerja hari esok bisa juga tertunda karena mengerjakan pekerjaan hari ini. Itulah efek dari rasa malas mengakibatkan pekerjaan tidak selesei tepat waktu dan efeknya pun akan berantai.
Untuk itu, sebisa mungkin tolaklah dengan keras jika rasa malas menghinggapi kita. Fokuslah pada tujuan yang hendak kita capai. Cara terbaik untuk menghindari rasa malas adalah segera ambil tindakan pertama dalam planning kerja kita. Karena setelah tindakan pertama akan memicu tindakan kedua, ketiga dan seterusnya.

2. Suka Menunda

Sifat suka menunda adalah penyakit berbahaya bagi orang yang ingin sukses. Segala Planning yang kita susun rapi, rencana-rencana yang sudah kita rencanakan dengan matang bisa hancur berantakan gara-gara sifat suka menunda ini. Planning dan rencana pun punya momentum tersendiri, jika tidak segera dilakukan maka peluangnya pun bisa hilang. Salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan kebiasaan suka menunda ini adalah dengan bersikapa DISIPLIN. Buatlah rencana kerja yang paling mendesak harus segera dikerjakan. Buatlah sistem yang memungkinkan kita mempunyai organisasi waktu agar lebih efektif dalam mengerjakan prioritas pekerjaan.

Oke, sobat blogger itulah sedikit tips tentang meraih jalan menuju sukses. Semoga bermanfaat ya!! 

No comments:

Post a Comment