Monday, June 11, 2012

Hal-hal yang berpengaruh pada Cara Berpikir Seseorang


Proses cara berpikir adalah hal simple dan membutuhkan waktu beberapa detik saja. Namun, cara berpikir seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor dan mempunyai proses yang panjang. Faktor-faktor dan proses itu memberi kekuatan luar biasa pada cara berpkir dan referensi bagi akal entah disadari atau tidak.


Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi cara berpikir seseorang adalah :

1. Faktor Orang Tua

awal mula seorang bayi lahir ke dunia, orang yang pertama kali ditemui adalah orang tuanya. Dari orangtua kita belajar tentang kata-kata, ekspresi wajah, gerakan tubuh, perilaku, norma, keyakinan dan agama, prinsip hidup serta nilai-nilai. Ini merupakan proses berpikir yang pertama di dunia. Oleh karena itu, orang tua memegang peranan penting dalam membentuk proses berpikir seseorang. Proses ini kemudian mengakar dan mendarah daging dan menjadi referensi utama dalam bergaul dan berinteraksi dengan dunia luar.


2. Faktor Keluarga

Keluarga memegang peranan penting dalam pembentukan cara berpikir seseorang setelah Orang tua. Dari keluarga yang terdiri atas : saudara laki-laki, saudara perempuan, kakek, nenek, paman, bibi dan lainnya inilah kita menangkap informasi baru dan menggabungkannya dengan informasi yang telah ada. Dengan demikian, keluarga memiliki peranan penting dalam membentuk cara berpikir seseorang setelah orang tua.


3. Faktor Masyarakat

Setelah orang tua, keluarga kemudian masyarakat di sekitar lingkungan kita lah yang membentuk cara berpikir. Masyarakat adalah orang-orang yang berinteraksi dengan kita : tetangga, penjual bakso, teman bermain, tukang sayur dan semua orang di sekitar tempat tinggal kita. Dari masyarakat inilah, kita mengikat informasi dan belajar nilai-nilai dan disatukan dengan informasi yang sudah tersimpan sebelumnya. Dengan begitu, proses cara berpikir semakin kuat.


4. Faktor Sekolah

Setelah orangtua, keluarga, masyarakat maka hal berikutnya yang mempengaruhi cara berpikir adalah sekolah. Menjelang dewasa, seorang anak akan menghabiskan banyak waktu di sekolah, bergaul dengan teman sekolah, menyerap banyak informasi dan pembelajaran dari seorang guru. Maka, seseorang akan mudah meniru apa yang ada di sekolah baik yang positif maupun yang negatif. Semua itu memperkaya proses pembentukan pola pikir yang sudah ada sehingga semakin kuat di bawah alam sadar.


5. Faktor Teman

Faktor teman adalah paling penting setelah orang tua. Berteman adalah proses aktualisasi diri karena kita sendiri yang menetukan dengan siapa berteman tanpa ada paksaan. Teman memegang peranan penting dalam cara berpikir, karena sangat mungkin seseorang meniru hal posisitf naupun hal negatif dari seorang teman. Semua itu akan mempengaruhi proses pembentukan pikiran seseorang.


6. Faktor Media Informasi

Dewasa ini, perkembangan arus informasi sangat cepat dan tidak terbendung lagi. Televisi dan Internet adalah trend anak muda masa kini, bisa dikatakan anak muda jaman sekarang tidak akan bisa lepas dari dua hal tersebut. Dari internet dan televisi kita bisa memperoleh banyak hal dan informasi baik yang positif maupun negatif seperti peperangan, poronografi dan pornoaksi, pelanggaran tata nilai. Meskipun banyak juga hal positif yang bisa kita ambil dari televisi dan internet. Hal-hal seperti ini memberikan banyak informasi dan memperkaya proses pembentukan cara berpikir seseorang.


7. Faktor Internal (diri sendiri)

Hal-hal diatas yang mempengaruhi proses pembentukan pikiran seseorang adalah sumber eksternal. Sumber eksternal ini memberika prinsip dan keyakinan yang kuat, selanjutnya tergantung dari diri kita sendiri dalam menyikapinya, kita lebih condong yang mana : hal positif atau hal negatif. Inilah yang disebut faktor internal  yang berasal dari di sendiri. Akal akan menggabungkan sikap baru itu dengan data-data sebelumnya (sumber eksternal) sehingga terbentuklah cara berpikir seseorang.


1 comment:

  1. artikelnya bagus mbak. :)
    mbak boleh tau gak faktor yang mempengaruhi proses berpikir seseorang itu teorinya siapa?
    trimakasih. :)

    ReplyDelete