Wednesday, August 1, 2012

Chatting dengan YM edisi "Keajaiban Sedekah"


Ada suatu acara di salah satu stasiun televisi swasta yang sangat saya sukai. Acaranya bertajuk talkshow yang dipandu oleh ustadz muda yang sedang naik daun yaitu Ustadz Yusuf Mansur. Nama acaranya sendiri adalah Chatting dengan YM, waktu tayangnya pun pas yaitu jam 21.00 WIB setelah shalat tarweh. Insya Allah penulis akan posting di blog ini, apabila ada hal menarik dari acara tersebut. Sebagai tambahan informasi, acara ini ditayangkan sepanjang bulan ramadhan dan dipandu oleh pewawancara Denny cagur dan Ustadz Yusuf Mansur sebagai narasumber . Format acaranya sih seperti bukan empat mata dimana ada pemandu acara dan Tukul arwana sebagai pewawancara dan sekaligus sebagai ikon acara.
Kebetulan kali ini bintang tamunya ada tiga orang yaitu agus kuncoro (bintang film), Ippho Santosa (Pakar otak kanan) dan Opick (penyayi lagu-lagu islami). Dan menariknya, tema yang diambil adalah tentang keajaiban sedekah, dimana sering digembar gemborkan oleh ustadz Yusuf Mansur selama dakwahnya. 

Pada awal sesi acara, sang pemandu acara menanyakan tentang pengalaman keajaiban sedekah yang pernah dialami oleh bintang film Agus Kuncoro. Dengan jelas Ia menjawab :”keajaiban sedekah balasannya tidak melulu soal uang, rezeki itu bukan melulu soal uang. Tetapi kesehatan , kemudahan, kelancaran dalam urusan adalah juga bagian dari rezeki”. Pendapat tersebut juga diamini oleh ustadzYusuf Mansur yang mengatakan :” bahwa balasan sedekah itu tidak harus dalam bentuk uang, Ia juga memberi contoh sepasang suami istri yang bersedekah dalam bentuk uang dengan niatan agar villa yang mereka jual dapat segera laku dengan harga tinggi. Tetapi setelah bersedekah, bukannya keajaiban yang didapat tetapi malah musibah yaitu suaminya mengalami kecelakaan, namun suami istri tersebut masih sangat bersyukur karena mungkin dengan sedekahnya itu suaminya masih bisa terselamatkan dan tidak begitu parah keadaanya. Suami istri tersebut pun sudah melupakan niat awalnya untuk menjual villa. Tetapi tanpa disangka empat bulan kemudian seorang pembeli datang dan menanyakan villa yang dijual oleh suami istri tadi. Itulah keajaiban sedekah yang menjadi rahasia Allah SWT”, terang ustadz Yusuf Mansur.
Ippho Santosa
Pada sesi kedua, bintang tamu yang datang adalah Ippho Santosa seorang pakar otak kanan dan pengusaha. Ippho santosa adalah sosok yang sangat dekat dengan ustadz Yusuf Mansur karena sering terlibat kerjasama dalam beberapa seminar. Ippho Santosa pun sangat sepaham dengan Ilmu sedekah yang diusung Ustadz Yusuf Mansur. Kemudian ketika ditanya tentang keajaiban sedekah, berikut adalah komentarnya, “ Otak kiri adalah selalu hitung-hitungan dan terlalu berhati-hati dalam bersedekah sebaliknya dengan otak kanan yang tidak hitung-hitungan dalam bersedekah. Otak kanan selalu melakukan sedekah utuk meminta sedangkan otak kiri melakukan sedekah terimakasih artinya otak kanan melakukan amalan di awal suatu usaha sedangkan otak kiri melakukan amalan setelah hajatnya terkabul”. Masih menurut Ippho Santosa :” sedekah itu tidak harus menunggu ikhlas dulu, bahkan sedekah harus dipaksa biar bisa ikhlas”. Kemudian ketika ditanya oleh Denny cagur mengenai apa rahasia kaya itu ? ippho pun menjawab :”Rahasia kekayaan menurut saya ada 5 hal, yaitu : bisnis, sedekah, haji/umrah, emas dan properti. Emas mempunyai nilai yang stabil dibanding mata uang, masih menurutnya bahwa mata uang bahasa inggrisnya adalah currency yang berasal dari kata arus, artinya uang itu akan punya nilai jika diputar yaitu dengan cara bisnis dan sedekah, kalau hanya diam maka dia akan kehilangan nilainya”, terang Ippho. 
Kemudian pada sesi ketiga menghadirkan bintang tamu Oppick yaitu seorang penyanyi lagu-lagu islami. Awal muncul ke acara, Oppick membawakan sebuah lagu yang berjudul tentang sedekah. Suaranya yang khas dan khusyuk membuat acara menjadi lebih “terbawa emosi nuansa religi”. Kemudian ketika ditanya pengalaman Oppick tentang keajaiban sedekah, Opick pun menjawab bahwa ia selama 4 tahun ini sudah mendirikan sebuah yayasan baitul Maal yang memberikan bantuan kepada banyak orang miskin dalam meneruskan usaha. Yayasan yang didirikannya memberikan bantuan dan sedekah 300 rb s/d 3 juta per kepala, yang ditujukan untuk membuka usaha bagi orang-orang miskin. Selain itu yayasan yang didirikannya juga memberi santunan kepada anak yatim. Yayasannya selalu rutin mengadakan kajian dan jamuan makan bagi 1000 anak yatim tiap bulannya. Masih menurut Oppick,” bahwa pada level bawah yaitu orang miskin banyak mengalami krisis tauhid. Misalnya : ketika disuruh sholat, orang miskin pun berkilah : hidup saya sudah susah, kenapa harus dibikin tambah susah? Maka Oppick berkesimpulan bahwa sebelum dibekali dengan ajaran agama maka bagaimana caranya kita harus mengenyangkan perut orang-orang miskin tadi.
Bagaimana menurut sobat? Bagus bukan acaranya? Penulis sangat terkesan dengan komentar para bintang tamu terutama Oppick yang mempunyai niatan sangat mulia. Ketika ditanya tentang pengalaman keajaiban sedekah dia malah menjawab bukan fokus pada balasan sedekah yang pernah Ia alami, tetapi lebih pada solusi yang dihadapi umat terutama orang-orang miskin. Oke, ntar kapan-kapan saya share lagi jika ada tema yang menarik.


No comments:

Post a Comment