Monday, June 4, 2012

Balasan Sedekah : Segera dan tidak ditunda

Balasan Sedekah adalah langsung dan pasti. Ini adalah janji dari Tuhan Yang Maha Menepati dan Maha Membalas. Sebenarnya hukum balasan sedekah adalah lebih pasti dari hukum gravitasi. Karena, hukum gravitasi tidak tertuang dalam kitab suci, sedangkan balasan sedekah berulang-ulang disebutkan dalam kitab suci yang tidak diragukan lagi kebenarannya.

Masih ingatkah dengan hukum kekekalan energi? Dalam hukum tersebut ditulis "Energi tidak dapat dapat diciptakan ataupun dimusnahkan hanya dapat berubah bentuk dari bentuk satu ke bentuk yang lain". Begitu pula dengan sedekah, ketika kita bersedekah maka sejatinya kita mengeluarkan energi pada orang lain dan energi itu akan kembali kepada kita dalam bentuk lain. Misalnya, ketika kita bersedekah uang maka balasan sedekah kita dapat berupa uang yang besarnya berlipat-lipat dari yang disedekahkan, bisa juga dalam bentuk kemudahan urusan, dijauhkan dari bencana dan lain sebagainya.

Selain pasti dibalas, balasan sedekah adalah segera bahkan langsung dibalas detik itu juga ketika kita bersedekah. Kadang terbesit dalam benak kita, saya sudah bersedekah tapi kok lama ya balasannya? tunggu dulu, terkadang kita sendiri yang kurang 'ngeh' perhatikan ilustrasi berikut : Katakanlah anda adalah pemilik rental mobil di kota Yogyakarta.

  • Pada hari Ahad, anda memberi sedekah kepada yayasan yatim piatu dalam jumlah lumayan besar.
  • Hari Sabtu, sehari sebelumnya ada sebuah perusahaan IT di Jakarta yang mengadakan rapat dalam rangka wisata tahunan perusahaan tersebut. Hari itu, mereka belum memutuskan di kota mana wisata tahunan tersebut akan dilakukan.
  • Pada hari Ahad, mereka baru memutuskan bahwa wisata tahunan akan dilaksanakan di kota Yogyakarta
  • Pada hari Selasa, panitia wisata tahunan perusahaan itu menelpon sebuah agen wisata di Kota Yogyakarta terkait wisata tersebut.
  • Pada hari Kamis, agen wisata itu sudah menerima uang muka dari perusahaan IT tersebut.
  • Pada hari Jumat, agen wisata itu menelpon anda, ingin menyewa mobil dari perusahaan rental mobil anda untuk keperluan transportasi perusahaan IT tersebut selama di Yogyakarta.
Dari ilustrasi diatas, perhatikan ketika kita bersedekah pada hari ahad, sebenarnya sedekah anda sedang "bekerja", hanya saja anda baru "ngeh" pada hari jumat ketika agen wisata itu menelpon anda. Itu artinya, sedekah anda langsung dibalas pada hari itu jua, sama sekali tidak ada penundaan.

Jadi, janganlah sampai kita berpikir sedekah kita ditunda balasannya bahkan sampai berprasangka buruk bahwa sedekah kita tidak dibalas. Makanya, tetaplah bersedekah dan berbaik sangka kepada-Nya. Jangan sampai ilmu kita yang terbatas, kita malah berprasangka buruk kepada-Nya.

No comments:

Post a Comment