Saturday, July 14, 2012

Kaya dengan Sedekah


Kaya dengan sedekah? Sepintas terasa aneh di telinga kita. Logikanya ketika orang bersedekah maka hartanya akan menjadi berkurang. Orang yang mempunyai uang seratus ribu kemudian Ia bersedekah sepuluh ribu, maka uangnya tinggal sembilan puluh ribu. Tetapi yang sebenarnya berapapun uang yang kita sedekahkan pasti akan dibalas dan dilipatgandakan oleh-Nya.

Ini adalah janji dari Yang Maha menepati janji. Selanjutnya, kami petik sebuah janji dari-Nya, "Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah (bersedekah) adalah serupa dengan sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada tiap-tiap tangkai itu berisi seratus biji. Dan Allah melipatgandakan (balasan) bagi sesiapa yang dikehendaki-Nya (QS 2:261)" 
Kemudian janji Nabi, "Orang yang meniatkan suatu kebaikan namun tidak mengamalkannya, maka Allah akan mencatat baginya satu pahala yang sempurna. Orang yang  meniatkan suatu kebaikan lalu mengamalkannya, maka Allah akan mencatat bagi-Nya pahala sebanyak 10 sampai 700 kali lipat".

Dari kalimat diatas cukup jelas, Sebenarnya kita belum bersedekah saja, hanya niat saja maka sudah pasti dibalas. Apalagi kalau sampai terwujud niat kita tersebut pasti akan dibalas dengan balasan yang berlipat-lipat sampai 700 kali lipat. Kaya dengan sedekah, ibaratnya kita tengah berinvestasi menunggu balasan dari-Nya. Bersabarlah sedikit, karena apabila telah tiba waktunya, makanya nilainya akan menjadi berlipat-lipat. Yang Maha Membalas upasti akan membalas.Itulah Keajaiban sedekah.

Sedekah adalah amalan orang-orang kaya. Mereka sadar betul bahwa siapa orang yang banyak memberi pasti juga akan banyak menerima. Sedekah ibaratnya adalah umpan untuk memancing rezeki yang lebih besar. Sedekah kita tidak akan pernah sia-sia, sedekah kita pasti dibalas hanya yang Maha membalas pasti tahu yang terbaik buat kita. Balasan dari-Nya dapat berupa kesehatan, kemudahan urusan, dilindungi dari bencana, enteng jodoh, dikabulkan doa dan lain sebagainya.

Bayak  kita temui disekeliling kita orang-orang kaya yang gemar sekali bersedekah. Bukannya berkurang, harta mereka malah semakin bertambah dan terus bertambah. Tidak ada ceritanya orang-orang kaya yang jatuh miskin gara gara bersedekah. Selanjutnya ini adalah beberapa fakta :
  • Dua orang pengusaha terkaya di dunia yaitu Bill Gates dan Warren Buffet, walaupun sekilas nampak kapitalis, sejatinya mereka adalah dermawan terbesar di abad ini.
  • Donald Trump, yang sekilas bergaya hidup mewah (hedonis). Ternyata ketika bangkrut, Ia malah membagi bagikan hartanya yang tersisa. Ia percaya bahwa kebangkrutannya dapat diatasi dengan jalan bersedekah.
Ilustrasi diatas adalah sedikit dari cerita tentang orang-orang kaya yang menjadikan amalan sedekah sebagai amalan rahasia mereka. Mereka berkeyakinan bahwa sedekah tidak akan mengurangi harta bahkan akan menjaga dan melipatgandakan harta tersebut. Jadi bagi orang-orang yang masih berkekurangan dan berkeinginan menjadi kaya, maka teruslah berusaha, berdoa dan menjalankan amalan sedekah ini. Maka, cepat atau lambat kita akan terbebas dari kemiskinan seketika!




No comments:

Post a Comment