Sunday, July 22, 2012

Mental seorang sukses : Yakin, yakin dan yakin!!!

Yakin , yakin dan terus yakin bahwa keberhasilan akan selalu mengiringi langkah kita adalah energi yang tidak bisa habis bagi seorang yang memiliki mental sukses. Mengapa harus yakin? Karena memang rintangan yang menghadang di tengah jalan menuju kesuksesan tidaklah ringan, jika keyakinan kita tidak besar maka semua cobaan dan rintangan akan sangat mungkin menyurutkan langkah kita untuk terus maju. Yakin adalah bahan bakar bagi jiwa-jiwa sukses, karena di dalam keyakinan terdapat harapan dan impian yang menyatu. Dengan keyakinan yang besar maka action yang akan kita lakukan juga akan semakin besar.

Yakin, yakin dan yakin : sebuah ilustrasi

Jika kita perhatikan seorang balita umur 8-9 bulan, yang tengah lucu-lucunya dan selalu meniru tingkah laku orang dewasa walaupun dia belum mampu. Tetapi dalam pikirannya belum ada kata menyerah dan tidak bisa, dia akan terus mencoba dan mencoba untuk bisa berdiri walaupun seringkali jatuh dia akan terus mencoba dan mencoba lagi. Memang usia balita ini adalah usia manusia yang fitrahnya adalah sempurna. Usia balita ini belum teracuni oleh sifat-sifat negatif lainnya. Pada usia emas ini, manusia lebih kuat daya imajinasinya atau istilahnya otak kanan daripada otak kirinya. Dia mempunyai impian dan imajinasi yang begitu besar dan tidak ada dalam dirinya perasaan tidak bisa, tidak mampu ataupun menyerah. Baru setelah ia beranjak dewasa, sifat-sifat fitrahnya tadi mulai luntur karena terpengaruh oleh lingkungan sekitar yang mengajarkan pikiran tidak bisa, tidak mampu dan lain sebagainya. Otak kanannya yang dominan perlahan-lahan mulai bergeser diganti otak kiri, dia akan mulai banyak perhitungan, banyak menghitung untung-rugi sehingga action nya kurang bahkan keyakinannnya juga berkurang.

Yakin, yakin dan yakin : menikmati proses

Suatu usaha sejatinya bukan dinilai dari hasil akhirnya. Walaupun hasil akhir adalah penting tetapi ada satu faktor yang tidak boleh dianggap remeh yaitu proses. Sebagian besar orang sukses bisa menjadi seperti itu karena ditimpa oleh berbagai macam kegagalan demi kegagalan. Dia ditempa oleh proses yang mengantarnya menuju keberhasilan. Proses jatuh bangun, kebangkrutan, berdarah-darah itulah yang akan menguatkan mental seorang sukses. Karena memang setelah menjadi orang sukses atau diatas cobaan bukannya bertambah ringan tetapi malah semakin berat. Pohon yang tinggi, angin yang menerpanya pun semakin kencang.
Menikmati proses adalah salah satu ciri orang yang yakin bahwa dirinya akan sukses. Setiap tahap demi tahap benar-benar ia rasakan. Setiap jatuh bangun yang ia alami benar-benar akan menguatkan mentalnya dan melatihnya jika kelak ia sampai di puncak kesuksesan. Memang keyakinan yang besar adalah bahan bakar bagi orang-orang yang menikmati proses menuju kesuksesannya.

Yakin, yakin dan yakin : kisah sukses dengan yakin besar.

Kisah sukses dengan keyakinan besar dapat kita lihat pada wright bersaudara, yaitu Sang penemu pesawat terbang. Pada awalnya ia mempunyai impian untuk membuat sesuatu yang bisa terbang. Atas ide dan gagasannya itu, banyak orang mencapnya sebagai orang gila. Tetapi ia tidak mempedulikannya bahkan terus melakukan eksperimen - eksperimen di tengah cemoohan orang-orang pada waktu itu. Mungkin saat ini kta tidak akan bisa menikmati kecepatan perjalanan menggunakan pesawat terbang jika waktu itu wright bersaudara menghentikan percobaanya karena cemoohan orang-orang disekitarnya.

Pun dengang Alexander Graham Bell penemu pesawat telepon. Awal mulanya pun, ia sempat mendapat ejekan dari orang-orang pada waktu itu karena ide gilanya mengirim pesan melalui udara. Tetapi karena keyakinannnya yang begitu besar akhirnya ia bisa membuktikan bahwa ide dan gagasannya dapat  menjadi kenyataan seperti pesawat telepon yang kita nikmati saat ini.

Jadi, bagi sobat motivasi blogging Indonesia, perbesarlah keyakinan kita pada sesuatu yang sedang kita lakukan saat ini. Karena semakin besar yakin kita, kesuksesan pun akan datang semakin dekat.

No comments:

Post a Comment