Friday, July 20, 2012

Menggapai Impian : Jangan setengah-setengah !!!



Menggapai impian dan cita-cita memang butuh proses yang panjang dan berliku. Jalan memnuju impian selalu terjal dan mendaki. Tidak banyak orang yang konsisten dan terus-menerus memperjuangkan impiannya. Sebagian malah memilih mengambil jalan pintas dan sebagian lagi memilih berhenti di tengah jalan. Jadi, hanya sedikit orang saja yang benar-benar berhasil sampai di puncak dalam arti menggapai impiannya. Memang pada awalnya penuh jalan berliku dan penuh duri tetapi ketika sampai di puncak sungguh terasa nikmat. Dan akan sangat membahagiakan sekali jika impian jadi kenyataan.

Seorang Pendaki gunung membutuhkan mental yang kuat, fisik yan prima, bekal yang memadai dan pemandu yang handal untuk bisa sampai ke puncak gunung. Perjuangan keras dan melelahkan harus dilalui untuk sampai ke puncak. Banyak diantara pendaki yang memutuskan kembali karena tidak tahan dengan cuaca dingin dan faktor lainnya. Sebagian malah memilih mendirikan tenda di tengah perjalanan karena tidak bisa menahan rasa capek. Memang niat dan Kemauan yang keras adalah menentukan, karena akan ada banyak godaan selama perjalanan menuju puncak. Oleh karena itu, banyak faktor yang harus diperhatikan untuk sukses dalam menggapai impian.

Menggapai impian : perjelas semuanya

Semakin jelas semakin baik. Jika kita berhasil membuat tujuan impian kita sedetail mungkin, maka peluang tercapai impian pun akan semakin besar. Mulailah buat daftar apa impian kita, bagaimana cara mencapainya, kendala-kendala apa yang dihadapi, tentutukan pula kapan impian itu akan terwujud serta visualisasikan impian kita kedalam gambar atau sesuatu yang bisa sering kita lihat.

Menggapai impian : Total dan Fokus

Salah satu kunci kesuksesan adalah selalu fokus dengan apa yang dikerjakan. Pun dengan menggapai impian diperlukan fokus dan totalitas yang luar biasa. Akan ada banyak godaan dan halangan yang menghadang. Bisa jadi godaan itu akan membuat kita melenceng dari tujuan semula, malah membuat kita tergoda untuk menekuni bidang yang lain. Untuk itulah diperlukan fokus dalam menggapai impian kita. Jangan sampai kita “tergoda” atau malah melenceng dari impian awal kita.

Menggapai impian : berani berkorban!!

Setiap kesuksesan pasti membutuhkan pengorbanan. Semakin besar impian kita maka akan semakin besar pengorbanan yang kita keluarkan. Pengorbanan itu berupa : waktu, tenaga, pikiran dan bahkan uang. Contoh : jika kita mempunyai impian menjadi seorang dokter maka kita harus rela mengorbankan waktu untuk belajar dan bahkan mengorbankan beaya besar untuk membayar kuliah.

Menggapai impian : berani mencoba dan jangan takut gagal!!!

Setiap kesuksesan pasti diwarnai dari serentetan kegagalan demi kegagalan. Dari kegagalan itulah sebenarnya kita bisa belajar. Kita bisa mengambil hikmah agar kesalahan yang sama tidak terulang lagi. Mencoba dan terus mencoba adalah mental seorang pemenang. Berani bangkit dari kegagalan adalah faktor penentu kesuksesan kita. Bahkan seberapa besar kesuksesan akan ditentukan dengan seberapa besar kekuatn untuk bangkit dari kegagalan.


Menggapai Impian : Jangan takut akan perubahan…

Sikap orang sukses adalah fleksibel dan dinamis. Ia selalu menyesuaikan diri dengan perubahan yang semakin cepat. Dengan selalu fleksibel dan dinamis akan membantu kita dalam menghadapi tantangan dan persaingan ke depan yang sangat berat. Dapat kita ambil contoh : pohon dengan batang yang kuat sekalipun akan roboh jika ditimpa angin yang besar pula, akan tetapi jika pohon bambu yang lentur akan bisa bergerak ke segala arah jika ditimpa angin yang besar.

Menggapai impian : pantaskan diri dan siapkan mental pemenang

Memantaskan diri adalah salah satu kunci sukses menggapai impian. Jika kita berusaha terus memantaskan diri dan mengupgrade mental kita sebagai pemenang maka lambat laun impian kita akan benar-benart terwujud. Karena apa yang kita pikirkan, itu yang semesta berikan.

No comments:

Post a Comment