Sunday, July 15, 2012

Ingin Jadi Orang lebih Hebat? Praktekkan Cara Melatih Otak Kanan ini!

Mengapa cara melatih otak kanan, akhir akhir ini begitu menjamur di sebagian masyarakat? Yah memang, akhir-akhir ini begitu banyak informasi dan mitos yang berkembang di masyarakat tentang otak kanan dan otak kiri. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan otak kanan dan otak kiri dapat penulis ilustrasikan sebagai berikut : prinsip kerja otak kanan adalah selalu dinamis, bagian ini paling suka dengan tantangan dan perubahan, tidak terduga, spontan dan berubah-ubah berbeda dengan prinsip kerja otak kiri yang lebih terukur dan terencana, lebih matematis lebih detail atau lebih singkatnya : otak kiri lebih suka melakukan hal-hal yang sama dengan cara yang sama, hal ini tentunya sangat bertentangan dengan otak kanan yang sangat suka dengan perubahan dan tantangan. Perbedaan ilustrasi antara otak kiri dan otak kanan dapat kita lihat pada dua profesi yang berbeda yaitu karyawan dan pengusaha. Karyawan adalah profesi yang lebih mengandalkan keahlian teknis yang detail, nyaman dengan zona aman, butuh fokus, kurang suka perubahan dan tantangan. Berbeda dengan profesi pengusaha yang selalu dinamis dengan perubahan, kurang menguasai hal-hal teknis, tidak terlalu fokus pada hal-hal detail. Karyawan adalah interprestasi otak kiri sedangkan Pengusaha adalah interprestasi otak kanan. Dengan prinsip kerja demikian, banyak sekali orang yang berusaha menguasai cara melatih otak kanan untuk lebih mempertajam otak kanan nya.

Cara melatih otak kanan : mengasah kreatifitas

Cara melatih otak kanan yang paling praktis dan mudah adalah dengan mengasah kreatifitas. Cara ini dapat diterapkan dengan melakukan aktifitas yang menonjolkan sisi kreatifitas seperti menulis, membuat puisi, menggambar, desain baju, fotografi dan aktifitas lain yang membutuhkan kreatifitas. Kegiatan-kegiatan tersebut adalah makanan otak kanan karena membutuhkan ide-ide segar dan kemampuan mengesplor aktualisasi diri. Dengan terus mengasah kreatifitas otomatis akan mengasah otak kanan kita.

Cara melatih otak kanan : melakukan hal yang disukai atau hobi

Suatu cara melatih otak kanan lainnya yang sangat praktis  adalah dengan melakukan hal yang kita sukai atau hobi kita. Secara tidak sadar ketika kita melakukan hobi maka tidak akan pernah terjadi kebosanan pada diri kita. Kita akan senang dan sukarela melakukannya walaupun banyak sekali tantangan dan bahkan beaya yang kita keluarkan. Demi hobi bahkan orang rela mengorbankan sebagian waktu untuk menekuninya. Hobi ini sangat potensial melatih otak kanan karena sangat berkaitan erat dengan kreatifitas. Dengan menekuni hobi, biasanya hidup kita akan bertambah semangat dan ada spirit baru. Contoh hobi yang dapat mengasah otak kanan : mendaki gunung, memancing, bermain game online, jogging dan lain sebagainya.

Cara melatih otak kanan dengan humor

Dapat kita lihat di sekitar kita orang-orang yang selalu ceria adalah orang yang suku humor dan becanda. Orang yang kuat otak kanannya selalu berfikir kedepan, menggali ide-ide baru dan menyukai tantangan. Kadang jika sedang merasakan suatu kebosanan atau sedang dihadapi tantangan yang cukup berat, maka untuk sekedar menjaga spirit, humor adalah pelampiasan orang-orang yang kuat otak kanannya. Guyonan segar dan humor dapat membuat kita rileks sebentar dari rutinitas yang cukup melelahkan. Berbeda dengan otak kiri yang sering mengeluh jika menghadapai masalah maka humor adalah cara cerdas orang-orang kanan untuk melampiaskan kebosanan dan menjaga spirit dalam hidupnya.

Cara melatih otak kanan dengan musik

Musik adalah indah dan sarat dengan seni. Musik menjadi aktualisasi dari ungkapan perasaan yang sukar diungkapkan dengan kata-kata dan hanya bisa diungkapkan melalui lirik-lirik lagu. Orang dengan otak kanan yang kuat sangat suka menikmati keindahan musik. Musik adalah makanan orang-orang kanan, tentu saja adalah musik yang selalu menggelorakan semangat dan penuh ide-ide brilian bukan musik yang mendayu-dayu dan lirik-lirik lagu mellow yang sangat menyayat hati. Bisa kita lihat para pemain musik seperti penyanyi dan pencipta lagu adalah orang yang kuat otak kanan nya.

Jadi, bagi temans yang ingin mengasah otak kanannya lakukanlah cara melatih otak kanan diatas. Atau lakukanlah hobi temans maka itu sudah melatih otak kanan kita. Oke, temans sekian dulu artikel tentang cara melatih otak kanan, selamat mempraktekkan.

6 comments:

  1. saya bingung coz sy seorng kidal tetapi kalo dilihat dr penjelasan diatas menrt sy..adlh orng yg dominan dgn otak kiri
    mohon penjelasan apkh sy mengalami kelainan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha .. ya enggak lah mas :D mas sehat kok. hanya saja mungkin jika mas majid membangkitkan potensi otak kanan mas, insya Allah itu akan jauh lebih Dahsyat manfaatnya :)

      Delete
  2. orang kidal adalah orang yang otak kanan nya lebih dominan (secara motorik) karena otak kanan akan menggerakkan tubuh bagian kiri dan otak kiri menggerakan tubuh bagian kanan. kidal bukanlah kelainan tetapi merupakan bawaan sejak lahir...nah artikel diatas menjelaskan otak kanan (secara pola pikir), jadi orang kidal maupun biasa (normal) bisa melatih otak kanan dengan cara2 diatas...

    ReplyDelete
  3. bagaimana ya cara qt mengetahui dengan otak kanan atau kiri yang qt pakai,,????

    ReplyDelete
    Replies
    1. mudah mbak .. intinya, otak kanan itu ga pake mikir. Langsung bertindak! :D nah.. nanti kalo gagal, yaa coba lagi dgn "Cara Baru". inget ya.. "Cara Baru". karena kata einsten, "Hanya org bodoh yg berharap sesuatu yg berbeda dgn melakukan cara yang sama" :)

      Delete