Tuesday, July 17, 2012

Lejitkan Potensimu, dengan Fokus pada Kelebihan Diri

Tuhan menciptakan manusia sudah ditentukan kadar rezekinya masing-masing. Ada orang yang ditetapkan rezekinya di bidang perdagangan, ada orang yang rezekinya dari bidang industri kerajinan, ada orang yang sudah ditetapkan rezekinya dari olahraga, musik dan lain sebagainya. Intinya Tuhan telah memberi senjata pada manusia yang berbeda dengan lainnya, tinggal manusia yang mengembangkannya. Senjata itu adalah bakat atau kelebihan diri yang sangat unik.

Ada seorang mahasiswa yang sangat berprestasi dalam bidang akademis, nilai-nilainya selalu bagus karena memang Ia dianugerahi kecerdasan dan ketekunan dalam belajar. Tetapi di sisi lain ia kurang begitu mahir dalam bermain basket, olahraga yang paling popular di sekolahnya. Akhirnya ia terobsesi untuk menjadi seorang pemain basket dengan latihan keras dan ikut sekolah klub basket. Dengan usaha yang luar biasa, ia pun tetap belum berhasil menandingi kehebatan pemain basket di sekolahnya. Ia hanya menjadi orang rata-rata dalam permainan basket.

Kisah lain, ada seorang pemain musik yang jago banget maen drum. Ia sudah mengikuti berbagai kompetisi dan menjuarai berbagai kompetisi drum di kotanya. Setelah menguasai seluruh teknik bermain drum dengan bagus, ia teobsesi juga untuk menjadi seorang pemain bass. Dengan segala usaha latihan yang keras selama bertahun-tahun dan belajar dari temannya yang ahli, akhirnya pemain drum tadi sedikit kecewa karena ternyata permainan bass nya belum bisa menandingi pemain bass lain yang sudah terkenal.

Cerita lain  seorang artis yang sukses dan sudah lama berkecimpung dalam dunia akting, ingin melebarkan sayapnya dengan merambah dunia tarik suara. Dengan modal keberanian dan suara yang agak bagus, ia menyewa pelatih nyanyi privat untuk mengajarinya teknik bernyayi yang paling bagus. Setelah sekian lama berlatih keras, akhirnya ia memutuskan untuk menerbitkan sebuah album bekerja sama denga pencipta lagu. Setelah album terbit, artis tadi harus menahan kecewa karena hasil penjualan album kurang memuaskan, karena memang konsumen musik sudah bisa membedakan mana lagu yang berkualitas dan mana yang tidak.



Dari ketiga ilustrasi diatas dapat kita mengerti bahwa masing-masing orang adalah unik. Tuhan telah menganugerahi senjata pada manusia berupa kelebihan diri yang berbeda satu dengan lainnya. Tugas manusia hanya berusaha mengembangkan kelebihan diri atau bakat yang sudah dimilikinya. Mahasiswa pada ilustrasi diatas akan menjadi hebat dengan kemampuan akademisnya bahkan ia akan menjadi ilmuwan terkenal jika terus mengasah kelebihan diri yang ada padanya, jika ternyata ia fokus menjadi pemain basket maka ia hanya akan menjadi pemain basket biasa atau orang rata-rata.  Pemain drum pun tidak akan pernah menjadi pemain bass terkenal karena memang tuhan telah menganugerahi padanya sebagai ahli pemain drum. Pun dengan artis yang jago akting, tidak akan perna menjadi penyayi terkenal melebihi penyayi yang sudah ada, kalaupun ia berlatih keras ia hanya akan menjadi penyanyi rata-rata atau biasa-biasa saja.

Kelebihan diri vs Kelemahan diri

Di dalam kelas, seorang guru menyuruh murid-muridnya untuk menuliskan kelebihan diri dalam secarik kertas. Kata guru : “ ayo anak-anak coba tuliskan kelebihan diri kalian dalam secarik kertas minimal ada tiga”. Mendengar perintah gurunya murid-murid segera menulis kelebihannya masing-masing. Setelah dikumpulkan, guru tersebut agak terkejut karena kebanyakan murid hanya menulis satu atau dua kelebihan saja. Setelah itu, sang guru kembali berkata pada muridnya, “ baiklah kali ini, ibu guru ingin mengetahui kelemahan kalian semua. Coba tulis pada secarik kertas tiga saja kelemahan kalian”. Mendengar perintah tersebut, murid-murid kembali menulis, tetapi kali ini mereka menulis tentang kelemahan atau kekurangan diri. Setelah kertas dikumpulkan, guru tersebut kembali terkejut karena banyak murid yang menuliskan kekurangan dirinya lebih dari tiga, ada yang menulis empat, lima bahkan sepuluh!
Apa yang dapat kita petik dalam ilustrasi diatas? Jika kita fokus pada kelebihan diri, maka hanya akan ada sedikit hal yang dapat kita lakukan, akan tetapi jika kita terus berpikir tentang kekurangan dan kelemahan atau hal-hal buruk tentang diri kita maka akan ditemui banyak hal buruk dalam diri kita.

Tips Mengasah Kelebihan Diri

Terus meningkatkan kemampuan dan kelebihan diri adalah hal yang sepatutnya kita lakukan. Dengan mengasah terus kemampuan spesifik yang kita kuasai maka hal itu akan menjadi senjata utama kita. Nah untuk mengetahui apa sebenanya hal spesifik yang menjadi kekuatan utama kita, dapat kita jawab pertanyaan berikut :
·         Hal apa yang paling kita sukai?
·         Hal apa yang paling kita kuasai?
·         Apakah kita bahagia saat mengerjakan hal tersebut?
·         Apakah sesuatu yang kita sukai dan kuasai itu dapat menghasilkan?
·         Dan apa pendapat public terhadap hal-hal yang kita sukai diatas?
Dengan mencoba menjawab pertanyaan diatas, mungkin bisa kita temukan apa kelebihan diri kita yang akan menjadi senjata utama dan pembeda abadi kita.

No comments:

Post a Comment